Sabtu, 02 Mei 2015

Bagaimana Membuat Usaha Kecil Efektif | Mengolah Peluang usaha

Usaha Kecil

Pengertian umum  atau defenisi  dari usaha kecil adalah usaha yang memiliki  jumlah pegawai atau tenaga kerja tidak lebih dari 50 orang. Disamping itu  yang dapat dikatagorikan usaha kecil jika mempunyai kekayaan bersih tidak lebih dari Rp. 200.000.000,00 (tanpa lahan dan gedung).
Dewasa ini, ketertarikan masyarakat  pada usaha kecil sangat meningkat pesat. Beberapa  faktor yang mendorong masyarakat untuk berpartisipasi melakukan usaha kecil. Salah satunya adalah pemulihan ekonomi yang mendorong kebanyakan masyarakat untuk melakukan usaha kecil  dan point utamanya mempunyai modal yang cukup untuk rencana usaha yang akan dijalankan, juga peluang usaha yang ada. Modal dan peluang adalah kunci utama pembuka langkah untuk melakukan usaha. Tanpa salah satunya hanyalah nihil alias mustahil usaha kecil itu akan bisa dijalankan.

Perkembangan usaha kecil

Seperti yang telah saya sebutkan di atas, ketertarikan masyarakat dalam bidang usaha kecil sangat berkembang pesat. Semakin banyak pengusaha-pengusaha baru bermunculan. Banyak faktor dan alasan yang mendorong masyarakat untuk terjun dalam bidang usaha kecil, salah satunya faktor ekonomi. Namun jika Anda cermati lagi, tidak selalu alasan ekonomi saja yang mendorong seseorang menggeluti dunia usaha kecil. Bahkan orang berlatar belakang ekonomi baik atau bisa disebut mapan  juga banyak yang melakukan kegiatan usaha kecil. Ya, usaha kecil saat ini bisa di aplikasikan sebagai trend atau gaya hidup. Tidak sedikit juga orang yang melakukan usaha kecil yang niat awalnya hanya untuk mengisi waktu luang atau sekedar mengikuti trend justru malah semakin serius untuk terjun secara totalitas melakukan usaha tersebut, dikarenakan usaha kecil yang mereka kerjakan semakin berkembang dan sukses.

Memulai usaha kecil dengan modal yang tidak besar

Banyak diantara Anda bertanya-tanya ketika mempunyai niat untuk memulai usaha kecil namun mempunyai modal pas-pasan. Selalu muncul keraguan, kekhawatiran, tidak berani untuk memulai menjalankan usaha kecil. Hal itu disebabkan karena ketakutan yang amat sangat bila usaha kecil yang dikerjakan nantinya tidak akan berhasil atau malah mendapatkan kerugian. Adalah wajar bagi Anda yang baru dengan dunia usaha kecil bila ada pemikiran-pemikiran seperti itu. Oleh karena itu, sebaiknya untuk memulainya Anda tidak usah terlalu muluk-muluk dalam hal penyiapan modal untuk usaha kecil Anda. Alangkah baiknya bagi pemula yang akan menjalankan usaha kecil menggunakan dana yang tidak terlalu besar dulu. Resiko kegagalan itu pasti ada. Bila menggunakan modal yang tidak terlalu besar, resiko bila Anda mengalami kegagalan pun kerugiannya tidak akan terlalu besar. Bila nantinya usaha kecil Anda sudah mulai terlihat hasilnya dan prospek kedepannya terlihat baik, barulah sedikit demi sedikit Anda mulai mengembangkannya.
Tentu bukan hal yang gampang untuk memulai dan menjalankan usaha kecil. Sebelum Anda berpikir ke arah memperhitungkan modal dan mencari peluang usaha, persiapkan kesungguhan dalam diri dulu. Salah satu yang harus ada dan tertanam dalam diri Anda adalah komitmen. Jangan hanya asal minat saja untuk menjalankan usaha kecil. Banyak pandangan di masyarakat bahwa yang dimaksud modal itu adalah uang. Pemikiran seperti itu justeru malah hanya akan menjerumuskan masyarakat yang memang sudah mempunyai minat akan usaha kecil, karena tidak semua orang mempunyai kemapanan ekonomi sehingga akan sulit bergerak. Padahal jika Anda cermati di sekitar atau membaca biografi orang-orang yang telah sukses, tidak semuanya berangkat dari modal finansial yang besar. Karena mereka menyadari ada modal-modal lain yang dibutuhkan selain modal berupa uang. Kreatifitas dalam menentukan ide bisnis dan memproduksinya, pola pikir, jiwa yang semangat, kerja keras, keuletan dan ketekunan adalah modal utama yang menurut Saya itu lebih penting.

Syarat untuk sukses usaha kecil

1. Semangat dan kerja keras, serta dedikasi tinggi

Komitmen Anda sebagai pemilik usaha, wajib meluangkan waktu  untuk usaha demi tercapainya cita-cita Anda membangun bisnis usaha kecil serta motivasi kuat dalam menjalankannya

2. Pandai melakukan riset kompetisi

Sebagai pelaku bisnis , anda dituntut jeli melihat situasi dan kondisi pasar terutama dalam bersaing maupun berkompetisi. Sebagai contoh di daerah anda tidak ada rumah makan, maka jika anda membuat rumah makan kemungkinan akan lebih cepat berkembang dan maju, dibandingkan dengan kondisi dimana anda membangun di tempat yang sudah begitu banyak rumah makan. Atau jika banyak saingan pun, Anda dituntut untuk pintar melakukan variasi. Misal jenis makanan yang berbeda dan lebih menarik.

3. Bekal ilmu yang baik

Usaha kecil yang berjalan dengan baik dan sukses dimiliki oleh pengusaha yang cukup pengetahuan mengenai tindakan apa yang harus dilaksanakan agar terciptanya usaha kecil yang bisa berjalan, maju dan sukses. Seringlah mengikuti training tentang bidang yang ingin Anda jalankan. Pengalaman dari orang lain juga bisa Anda pelajari atau bahkan bisa Anda manfaatkan, jalin kerjasama dan jadikan partner bisnis usaha kecil Anda.

Yang menjadi sebab usaha kecil tidak berjalan baik

1. Minim jam terbang atau kurang ilmu manajerial

Kebanyakan usaha kecil dilakukan oleh pemula atau yang belum mempunyai pengalaman, sehingga harus didukung dengan manajemen  yang kuat. Langkah menentukan keputusan bisnis itu sangat penting. Kurangnya kemampuan itu, kemungkinan resiko gagal saat melakukan usaha kecil akan sangat besar dalam jangka panjang

2. Lengah atau tidak hati-hati

Saat pertama memulai usaha kecil, kebanyakan pengusaha pemula konsentrasinya tidak konstan. Seiring waktu berjalan, fokusnya mulai berkurang. Banyak faktor yang menyebabkan itu terjadi. Entah itu pesimistis  atau ketidak yakinan akan usaha yang dijalankan. Oleh sebab itu dari awal perlu direncanakan matang-matang, terutama komitmen yang tinggi dan siap banting tulang demi terwujudnya cita-cita

3. Pengawasan yang baik

Pengawasan dari awal saat usaha kecil berjalan perlu dilakukan dengan seksama. Mulai dari biaya, tingkat produksi dan lain-lain. Bila tidak dilakukan pada saat permulaan usaha, Anda sebagai pengusaha akan sukar menyikapi masalah yang akan menghadang untuk kedepannya

4. Tidak kuat modal

Awal menjalankan bisnis, perlu dipahami bahkan harus diyakini bahwa usaha memerlukan waktu untuk mendatangkan keuntungan. Disinilah kesabaran dan pengorbanan kita di uji. Biasanya untuk usaha kecil pemula harus dapat bertahan selama 6 bulan tanpa pemasukan, tergantung kegigihan Anda sebagai pelaku usaha kecil menjalankan usahanya.


Demikian yang dapat disampaikan dalam blog : usahamodalkecil-menguntungkan.blogspot.com Itu semua adalah modal dasar , namun perlu diingat niat yang sudah dijalankan tanpa action apa-apa sangat tidak berarti dan jangan lupa memohon kelancaran dari Yang Maha Kuasa .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar